Tutorial Install Windows menggunakan Flashdisk atau CD

Performa PC atau Laptop kalian menurun? Atau terkena virus? Lakukan clean install cuy, atau install windows baru. Tapi instalasi windows ini mungkin masih menjadi hal yang asing, kebanyakan orang lebih memilih membawa pc atau laptop mereka ke tukang service untuk melakukan instalasi windows. Padahal install windows itu sebenernya mudah loh cuy. Gimana sih caranya? Kuy simak di bawah.

Eitsss, tapi sebelum melakukan instalasi ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan nih cuy, Apa saja itu?

Baterai

Jika kalian melakukan instalasi windows di laptop, ada baiknya memastikan baterai laptop kalian cukup ya cuy, atau dicharger aja jika tidak ingin ribet.

Spesifikasi

Sebelum melakukan instalasi windows, ada baiknya kalian mengecek spesifikasi dari pc atau laptop kalian dulu cuy karena windows terbaru kebanyakan tidak support pc atau laptop lama. Nah jika spesifikasi pc atau laptop kalian memenuhi persyaratan minimalnya, langsung deh cari file Windowsnya.

Siapkan Supir Driver

Nah jika spesifikasi kalian sudah mencukupi, hal selanjutnya yaitu siapkan driver cuy entah itu download atau minta dari teman jika ada yang punya. Apa sih Driver itu? Driver itu adalah software yang membuat hardware atau komponen di pc kalian dapat bekerja dengan optimal cuy.

Siapkan Software

Jangan lupa buat siapkan software yang sering kalian gunakan cuy, karena windows cuman menyediakan software yang terbatas. Jadi kalian harus menginstal sendiri.

Jika sudah diperhatikan semuanya selanjutnya ngapain? Ya install dong windowsnya. Siapkan Flashdisk atau Kaset Windows (jika punya). Buat yang pake flashdisk kalian harus download file windows dan software rufus dulu cuy, file windows biasanya berformat iso.

Oke cuy jika sudah disiapkan semuanya, kita masuk ke cara instalasi windowsnya. Baca dengan teliti ya cuy.

Buat bootable di flashdisk

Untuk membuat bootable, diperlukan flashdisk dengan kapasitas minimal 8GB dan software rufus (bisa search di google).

1. Nyalakan pc atau laptop kalian.

2. Colokkan flashdisk ke pc atau laptop.

3. Buka rufus dengan klik 2x pada rufus.exe, nanti flashdisk akan terdetek dengan sendirinya oleh rufus.

4. Klik select, pilih file windows yang ingin kalian install.

5. Klik partition scheme lalu sesuai dengan tipe hardisk kalian apakah itu GPT atau MBR.

6. Klik file system lalu pilih FAT32.

7. Jika sudah semua, klik Start dan jika muncul warning klik ok dan tunggu sampai selesai.

Jika sudah membuat bootable, hal selanjutnya yaitu mengubah Boot Priority di BIOS cuy. Karena default boot priority-nya menuju ke hardisk, nah ini diubah ke flashdisk cuy priority-nya.

Mengubah Boot Priority

1. Pastikan flashdisk tetap tercolok saat setelah proses bootable.

2. Restart pc atau laptop kalian jika kondisi masih menyala.3.

3. Masuk ke BIOS dengan menekan tombol ESC, F2, F4, F8, F9, F12, atau DEL. Setiap pc atau laptop itu cara masuk BIOSnya beda-beda cuy, makanya sebelum restart ada baiknya kalian melihat panduannya dulu.

4. Jika sudah, pindahkan (nama flashdisk kalian) di urutan boot priority paling atas.

5. Buat yang pakai CD tinggal pindahkan [CD/DVD] di boot priority paling atas.

6. Save dan exit, pc atau laptop kalian akan restart dengan sendirinya.

Proses Instalasi

Nah sekarang udah masuk tahapan instalasi nih cuy, setelah ngutak ngatik di BIOS tadi, dan pc atau laptop kalian restart sendiri, akan muncul tampilan seperti ini cuy.

1. Tekan tombol apa aja cuy terserah asalkan jangan tombol restart sama power :D.

2. Setelah loading selesai, klik Install Now.

3. Klik skip jika kalian tidak punya kode aktivasinya, masukkan jika kalian punya kodenya.

4. Pilih versi windows yang kalian inginkan cuy.

5. Centang yang bertuliskan “I accept the licence term” lalu klik next.

 

6. Di sini ada 2 pilihan, Upgrade dan Custom. Opsi Upgrade dilakukan jika kalian ingin memperbarui windows versi lama tanpa menghapus data dan aplikasi kalian. Opsi Custom dilakukan jika kalian ingin menginstal windows baru ke pc atau laptop.

7. Jika partisi kalian sudah ada 2 seperti ini, klik yang tengah cuy karena itu adalah partisi system yang biasa digunakan untuk windows.

8. Klik next dan proses instalasi pun di mulai dan tunggu hingga restart sendiri.

Pengenalan Dasar

Nah jika proses instalasi sudah selesai, ternyata tidak langsung masuk ke desktop cuy. Ada pengaturannya dulu atau istilahnya kenalan dulu lah sama si Windows ini. Di sini kalian diberi 2 pilihan cuy, Use Express Settings dan Customize. Use Express Settings adalah pilihan terbaik jika kalian tidak mau ribet mengatur-ngatur windowsnya. Jika kalian suka ngutak-ngatik, silahkan pilih yang Customize ya cuy.

Tapi ada juga cuy yang langsung menyediakan dasar pengaturannya. Biasanya muncul pilihan region. Silahkan pilih Negara kalian ya cuy. Klik Yes untuk melanjutkan. Saat ada pilihan keyboard layout, pilih US lalu klik Yes lagi. Klik Skip untuk pilihan second layout, lalu ada opsi Connect Internet jika ada wifi card di pc kalian (di laptop biasanya sudah ada wifi-nya).

Nah selanjutnya yaitu setting indentitas user PC-nya cuy. Ketik nama kalian lalu klik Next. Masukkan password jika kalian menginginkannya, jika tidak biarkan kosong saja lalu klik Next.

Di pengaturan Privacy Setting tetap biarkan di settingan default saja lalu klik Accept.

Tunggu beberapa menit dan Voila! Kalian masuk ke desktop, itu menandakan Windows 10 telah berhasil diinstall di pc atau laptop kalian.

Nah itulah cara install windows 10 cuy, gampang kan? Intinya teliti dan sabar aja cuy pasti kalian bisa kok. Tutorial ini juga bisa kalian terapkan di instalasi windows 7 dan 8 loh cuy karena tidak terlalu beda caranya.

Sekian dari tutorial kita, semoga bermanfaat buat kalian cuy!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *